PT. Cakrabuana Sukses Indonesia: Aman, Prospektif, Menguntungkan


Lembaga Pendidikan PAUD

LEMBAGA  PENDIDIKAN ISLAM  PAUD CSI NURUL IMAN

paud

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio-emosional (sikap dan perilaku serta agama), bahasa dan komunikasi sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Rentang anak usia dini menurut Pasal 28 UU Sisdiknas No. 20/2003 ayat 1 adalah 0-6 tahun. Sementara menurut kajian rumpun keilmuan PAUD dan penyelenggaraannya dibeberapa negara, PAUD diselenggarakan pada usia 0-8 tahun. Usia dini merupakan usia emas untuk menyerap berbagai meteri, termasuk membaca atau berhitung. Namun, orang tua dan tenaga pendidik harus memberikan materi yang dekat dengan kehidupan dan lingkungan anak. Hal ini dilakukan agar anak dapat mengaplikasikan langsung di dunianya tersebut. Dan anak juga dipacu untuk menumbuhkan kreativitasannya melalui berbagai kegiatan di sekolah. Seperti bermain puzzle, mendengarkan dan menyimak cerita bergambar ataupun sebagainya.

Secara umum tujuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk masa depan serta dapat menyesuaikan dengan lingkungannya. Sedang berdasarkan tinjauan psikologis tujuan pendidikan di PAUD adalah menumbuh kembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan agar mampu mengontrol diri, yaitu mandiri dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri.

Anak pada masa ini berada pada tahun-tahun kritis, dimana semua hal yang ia lihat dan dengar akan terekam jelas pada ingatannya. Anak-anak ini mempunyai kreativitas alamiah untuk menjajaki, mencari tahu, bereksplorasi, imajinatif, percaya pada diri sendiri, mencoba hal-hal yang baru, mencipta dan senang bermain sendiri.

Sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20/2003, bahwa pendidikan bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab. Sedangkan visi yang diemban oleh pendidikan nasional adalah terwujudnya sistem pendidikan nasional sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu menjawab semua tantangan zaman.

Landasan Hukum Dasar

  1. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  3. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 13 tahun 2005 tentang Organisasi Dan Tata Kerja Jenderal Pendidikan Luar Sekolah Depertemen Pendidikan Nasional.
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Tujuan diselenggarakan PAUD CSI Nurul Iman  :

  1. Menyelenggarakan layanan PAUD yang berkualitas
  2. Mencerdaskan Anak Usia Dini
  3. Membina kemandirian anak disegala bidang
  4. Membangun kreatifitas Anak Usia Dini

VISI

“Membentuk anak usia dini menjadi anak yang cerdas ceria, kreatif dan generasi iman yang berbudi luhur serta berakhlak mulia”.

MISI

  1. Membina anak dengan ketaqwaan kepada Allah SWT
  2. Meningkatkan pendidikan dan pengajaran kepada anak
  3. Membiasakan anak untuk hidup sehat
  4. Menciptakan lingkungan yang agamis dan berbudi luhur

IDENTITAS LEMBAGA :

Nama Lembaga  : PAUD CSI NURUL IMAN
Alamat lengkap  : Komplek BTN Bumi Abdi Negara Blok B.F-3  Desa Pegagan Kec. Palimanan Kab. Cirebon
Tahun berdiri  : 01 Maret 2015
Jenis program  : Kelompok Bermain (KOBER)
Nama yayasan  : Yayasan Pangeran Cakrabuna Indonesia
Nama pengelola  : H. Mohammad Yahya, ST

 

paud-jpg-ok

 

 

as